Thursday 2 June 2011

Manfaat Kedelai Hitam

Kedelai hitam mempunyai keunnggulan dibanding jenis kedelai yang lainnya dikarenakan sebagai berikut:

1. Kedelai hitam mempunyai kandungan protein yang juga bervariasi dari 37-41%.
2. Kandungan asam amino glutamat pada kedelai hitam sedikit lebih tinggi daripada kedelai kuning maka rasa kedelai hitam lebih gurih dibandingkan dengan kedelai kuning.
3. Kandungan mineral Fe dan Isoflavon kedela hitam lebih tinggi dibanding kedelai kuning.
4. Mempunyai kandungan senyawa alami yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh diantaranya :

Senyawa alami:
1.:> Isoflavon yaitu senyawa yang menyerupai hormon yang dapat mencegah perkembangan sel kanker, Karena mengandung isoflavon yang terdiri atas finestein, daidzein, den glicitein, konsumsi kedelai hitam dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara meningkatkan profil lemak darah, khususnya menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2.:> Asam fitik yaitu senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas yang membahayakan tubuh.

3.:> Protein nabati Kandungan protein biji rata-rata 25 persen, kandungan asam amino terbanyak adalah leusin (40 mg/g N2). Protein dalam kedelai hitam terbukti dapat dijadikan pilihan untuk diet rendah lemah jenuh dan kolesterol, sehingga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah jantung. Protein kedelai hitam juga bermanfaat membantu metabolisme jaringan lemak den hati. Tak heran, dalam komponen obat Asia untuk terapi diabetes dan hipertensi, kedelai hitam di percaya,dapat mengurangi sintesis asam lemak baru dan kolesterol, peradangan, memperlancar sirkulasi darah, serta mengobati gangguan hormon.

4.:> Asam amino bersulfur Beberapa penelitian mengungkapkan, kedelai hitam rendah kandungan asam amino bersulfur. Asam amino bersulfur ini dapat menghambat resorpsi kalsium oleh ginjal yang menyebabkan lebih banyak kehilangan kalsium dalam urin.

5.:> Serat alami Kandungan serat dalam kedelai hitam juga sangat tinggi den bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan tubuh, sehingga dapat mengurangi waktu transit zat-zat racun yang tidak dibutuhkan tubuh.Kandungan serat ini juga membantu mengurangi resiko terjadinya kanker kolon. kedelai hitam merupakan sumber luar biasa makanan kaya serat yang terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah. Kandungan serat yang tinggi pada 'si hitam' ini juga bermanfaat menjaga tekanan darah stabil, alias tidak meningkat secara tiba-tiba setelah makan, sehingga tak berlebihan jika kedelai hitam menjadi 'sahabat' bagi mereka yang mengidap diabetes, penderita resisten insulin atau hipoglikemia.


klik disini untuk melanjutkan.

No comments:

Post a Comment